Bisnis

Keberadaan Pengrajin Peralatan Drumband

Pengrajin DrumbandDrumband merupakan sebuah seni musik yang memiliki daya tarik tersendiri. Drumband biasanya juga dijadikan sebagai kegiatan ekstra kurikuler di sekolah-sekolah formal bagi siswa yang ingin menyalurkan minat dan bakatnya dibidang musik. Drumband merupakan seni yang melibatkan banyak orang di dalamnya. Dan dimainkan berkelompok. Atribut yang digunakan pun sangat beragam jenisnya. Untuk mengakomodir kebutuhan para kelompok drumband, keberadaan pengrajin peralatan drumband tentu sangat dibutuhkan. DenganĀ  Keberadaan pengrajinĀ  tentu akan mendukung perkembangan seni drumband itu sendiri. Saat ini mungkin tidak banyak pengrajin yang bertahan di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Namun para pengrajin ini dapat kita jumpai di beberapa kota di Jawa tengah dan di Jawa timur. Industri alat drumband biasanya dilakukan oleh pengusaha home industri.

Penyebab Berkurangnya Pengrajin Peralatan Drumband

Di Indonesia pelaku industri rumahan atau biasa disebut home industri memang masih mengalami banyak kendala dalam menjalankan usahanya. Hal ini karena keberadaan home industri masih belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Padahal keberadaan pelaku home industri mampu mendongkrak perekonomian rakyat jika mendapat perhatian lebih dari pemerintah, banyak pelaku home industri yang terpaksa gulung tikar karena minimnya modal usaha yang mereka miliki. Disinilah peran pemerintah sesungguhnya harus dilakukan guna mendukung pelaku home industri. Bagi pelaku home industri selain membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi dalam proses pembuatan produk mereka, suntikan dana tentu sangat mereka butuhkan untuk menunjang pekerjaan mereka dan membiayai karyawan mereka. Hal ini tidak jauh berbeda bagi pengrajin peralatan drumband yang kebanyakan juga berasal dari home industri.

Selain minimnya perhatian pemerintah , pemasaran juga menjadi permasalahan tersendiri bagi mereka. Pemasaran menjadi salah satu penentu keberhasilan suatu produk di pasaran karena ketatnya persaingan pasar yang mengharuskan para pengrajin untuk pandai dalam melakukan promosi produk mereka. Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat harusnya para pengrajin mampu memanfaatkan teknologi tersebut. Namun disisi lain mereka memiliki keterbatasan pengetahuan dalam memanfaatkan teknologi ini dan masih menggunakan sarana promosi konvensional seperti brosur dan pamflet. Para pengrajin peralatan drumband harus diberikan pengetahuan tentang teknologi seperti penggunaan internet sebagai sarana promosi produk mereka.

Related posts: