Bisnis

Sejumlah Keunikan Desa Sade Wisata Lombok

wisata lombokApakah sebelumnya Anda pernah mendengar Desa Sade yang masuk ke dalam salah satu wisata Lombok? Jika belum maka Anda harus baca artikel ini. Pasalnya desa tersebut perlu untuk dikunjungi karena masih menyimpan kebudayaan dan juga adat istiadat yang asli. Dari dulu, Desa Sade itu memang sering dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Seperti yang diketahui, wisatawan mancanegara itu justru lebih tertarik untuk menggali tradisi serta kebudayaan di Indonesia. Sehingga sebagai penduduk Indonesia asli, jangan sampai Anda justru acuh terhadap kebudayaan yang ada di negaranya sendiri.

Hal Menarik Di Desa Sade Wisata Lombok

Dari Desa Sade wisata Lombok itu memiliki beberapa keunikan tersendiri yang harus Anda ketahui. Keunikan pertama, bangunan rumah yang ada di sana dibuat dari bahan dasar alam. Contohnya saja, dinding tidak menggunakan batu bata dan semen, melainkan dari anyaman bambu, kemudian alasnya pun masih berupa tanah. Begitu pula atapnya yang masih berupa ilalang. Nah karena hal tersebut pada akhirnya Desa Sade disebut dengan Bale Tani. Kemudian untuk bagian pintu dari masing-masing rumah sengaja dibuat rendah. Itu bertujuan agar setiap tamu yang akan masuk ke dalam rumah lebih menghormati para pemilik rumahnya. Keunikan yang kedua, di Desa Sade masih sangat kental dengan tradisi serta pertunjukan rakyatnya. Ada sebuah tradisi yang benar-benar masih dipertahankan sampai sekarang, yakni kawin culik.

Ini merupakan tradisi, dimana pria menculik gadis dari rumah tanpa sepengetahuan orang tuanya. Ketika pria sudah mengungkapkan isi hatinya pada pihak keluarga perempuan, barulah pernikahan diadakan dengan membawa gadis tersebut ke rumahnya kembali. Setelah pernikahan digelar, pasangan tersebut harus menempati rumah berukuran kecil untuk berbulan madu. Rumah kecil tersebut dinamakan “bali kodong”. Keunikan yang selanjutnya, bisa terlihat dari mata pencaharian warga yang ada di Desa Sade. Biasanya warga desa itu akan bertani, namun karena irigasi airnya tidak ada, akhirnya para lelakinya membuat cendera mata dan wanitanya menenun. Untuk itu, bagi yang sedang melakukan wisata Lombok hendaknya cobalah menenun bersama warga Desa sana.

Related posts: